Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Faktor resiko hipertensi adalah factor-faktor  yang bila semakin banyak menyertai penderita hipertensu maka dapat menyebabkan orang tersebut akan menderita tekanan darah tinggi yang lebih berat lagi. Ada factor resiko yang dapat dihindarkan. Namun ada juha yang tidak. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi darah tinggi adalah mengatur makanan penurun tekanan darah tinggi. Factor resiko yang tidak dapat dihindarkan atau dirubah adalah genetic, suku, bangsa, dan umur.

Berbagai macam factor resiko yang dapat dihindarkan karena dapat memperberat keadaan hipertensi antara lain makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, garam, makanan asin atau yang diasinkan, daging kambing, buah durian, minuman alcohol yang berlebihan, makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, rokok dan kopi, kegemukan (obesitas) stress, dan lain-lain. Konsumsilah makanan penurun tekanan darah tinggi.

Dewasa ini pola makan penduduk yang tinggal di kota-kota besar  berubah dimana fast food dan makanan yang kaya kolesterol menjadi bagian yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika disertai stres. Kadar kolesterol darah dapat membubung tinggi dan sulit dikontrol.  Memang lemak ang didapat dari makanan tidak seluruhnya merupakan kolesterol. Namun,  lemak merupakan penymbang kolesterol terbesar. Kolesterol yang berlebihan ini akan menempel pada permukaan sebelah dalam dinding pembuluh darah yang sudah terluka akibat gesekan tekanan darah pada hipertensi. Proses penumpukan kolesterol ini disebut proses aterosklerosis.  Oleh sebab itu mulailah dengan mengonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi

Tidak semua penderita tekanan darah tinggi memerlukan obat. Apabila hipertensinya tergolong ringan maka masih dapat dikontrol melalui sikap hidup sehari-hari. Pengontrolan sikap hidup ini merupakan langkah pencegahan yang amat baik agar penderita tekanan darah tinggi tidak kambuh gejala penyakitnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah memakan makanan penurun tekanan darah tinggi dan menjjauhi factor pemicunya seperti dibawah ini :

  • Diet rendah lemak. Kurangi atau hindari makanan gorengan, daging yang banyak lemak, susu full cream, telur, dan sebagainya.
  • Diet rendah garam. Batasi pemakaian garam dan makanan yang diasinkan seperti cumi asin, ikan asin, telur asin, kecap asin dan lain-lain.
  •  Hindari memakan daging kambing, buah-buahan, atau minum-minuman yang beralkohol.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan terkontrol. Olahraga yang cocok berupa aktivitas aerobic seperti jalan kaki, berlari,  naik sepeda  dan berenang.
  • Berhenti merokok
  • Berhenti minum kopi
  • Menurunkan berat badan bagi penderita hipertensi yang disertai kegemukan
  • Menghindari stress dengan gaya hidup sehat yang lebih santai
  • Mengibati penyakit penyerta seperti kencing manis, hyperthyroid, kolesterol tinggi dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan berkadar serat tinggi. Karena penambahan serat dalakm pola makan menunjukkan penurunan angka sistolik dan diastolic yang signifikan pada penderita tekanan darah tinggi. Bahan makanan yang mengandung serat kasar cukup tinggi bias diperoleh dari sumber berikut :

  1. Buah-buahan, jambu biji, jeruk, mangga, apel, semangka, dan pisang.
  2. Sayuran, kcang panjang, buncis, tomat, kangkung, wortel, pare, tauge, daun bawang, bawang putih, dan dan kulit melinjo, kecipir, jamur segar, kemangi, daun katuk, lobak, paria, kol, bayam, sawi, dan buah kelor.
  3. Protein nabati kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, dan biji-bijia n (havermut, beras merah, jagung)
  4. Makanan lain seperti agar-agar dan rumput laut.

 

 


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Darah Tinggi and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>